Sekolah Menulis Kre@tif Indonesia

Sekolah Menulis Kre@tif Indonesia (SMKI) resmi beroperasi 1 September 2010.  Persemian ditandai dengan syukuran sekaligus buka puasa bersama di Plasa Tendean lt 3, Jalan Tendean Mampang Jakarta Selatan. SMKI merupakan tempat kursus menulis pertama yang membuka kelas semi formal dan permanen. Selama ini, tempat kursus atau pelatihan menulis lebih banyak diselenggarakan secara parsial dan lokasinya pun berpindah-pindah.

Pusat kursus ini menyelenggarakan berbagai kelas menulis, yaitu menulis skenario sinetron, kursus menulis buku populer non fiksi, buku fiksi (novel/cerpen) , kursus menulis untuk anak-anak, kursus untuk pensiunan, ibu rumah tangga, kursus menulis privat, inhouse training/mentoring, serta kelas menulis di internet/blog.

SMK Indonesia digawangi oleh penulis (spesialis penulis pendamping) Dodi Mawardi, dan didukung oleh sejumlah penulis senior sebagai tenaga pengajar, seperti Dono Indarto (penulis skenario), Jonru (penulisan fiksi), Joko Wibowo (Editor buku anak Elex Media Komputindo), Nyuwan SB (penulis dan editor Penebar Swadaya), Johannes Arifin Wijaya (penulis produktif), dan Ning Harmanto (penulis dan pengusaha Mahkota Dewa) dan lain-lain.

Sebelum menjadi SMK Indonesia, pengelola merupakan mentor dan penyelenggara pelatihan menulis di Profec (sebuah milist untuk kalangan profesional dan entrepreneur) , yang sudah berkegiatan sejak Desember 2008. Perkembangan industri menulis yang semakin bergairah, membuat pengelola yakin untuk membangun SMKI. Apalagi, pemerintah juga sedang menggalakkan pendidikan kejuruan berupa kursus.

Penulis buku laris Sales Kaya Sales Miskin – Tirta Setiawan mengungkapkan, harapan ke depan, sekolah ini akan menjadi sebuah akademi menulis pertama di Indonesia. “Paling tidak bisa menjadi sebuah perguruan tinggi sekelas politeknik,” katanya. Tirta melihat potensi ke arah tersebut terbuka lebar. Namun ia mengingatkan agar pengelola SMKI, tetap fokus menjalankan kegiatannya.

Hadir dalam cara syukuran peresmian SMKI beberapa penulis buku laris seperti Valentino Dinsi (Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian), Wahyu Saidi (penulis 31 judul buku), Freddy Pieloor (Jangan Beli Unit Link), dan Lisa Kuntjoro (Super Champion). Selain itu, hadir pula Ketua Yayasan Puri Cikeas Marsekal (purn) Drs. Suratto, yang ikut mendukung berdirinya pusat kursus ini. Mereka sepakat SMKI akan mampu menjadi salah satu tempat yang menelurkan penulis-penulis penyebar ilmu pengetahuan di negeri ini.

28 thoughts on “Sekolah Menulis Kre@tif Indonesia

  1. Saya sudah cukup “tua”, dua tahun lagi pensiun sebagai PNS. Sejak masih sekoalah/kuliah dulu saya ingin jadi penulis, tapi selalu tertunda. Sekarang menjelang pensiun, saya berpikir bahwa kalau saya pensiun lebih baik saya menulis saja. Saya ingin ikut kursus/sekolah, apakah mungkin ? Pada tahun 2005, saya lulus pascasarjana (S2) di UI. Saya ingat, dosen pembimbing saya bilang bahwa tulisan/tesis saya bagus dari segi (kemampuan) bahasa, sehingga koreksi dari dosen juga agak kurang (dari segi bahasa, ya). Sekarang saya ingin aktff sebagai penulis, terutama menjelang pensiun. Mohon dukungan. Terima kasih. Salam.

  2. Klo ingin menjadi anggota, bagaimana caranya? Bisa jarak jauh enggak? Cos saya enggak punya cukup waktu klo harus masuk kelas. Terimakasih sebelumnya

    • Mbak Eva, terima kasih pertanyaannya. Maksudnya kalau mau ikut jadi siswa ya, Anda bisa bergabung dengan cara jarak jauh. Silahkan daftarkan diri Anda lewat alamat email sekolahmenulis@gmail.com, dengan format:
      Nama:
      Alamat:
      Akun YM, FB, atau Gtalk.
      Jenis kelas: A. Bulanan (Rp 195.000). B. Tiga Bulan (Rp 525.000)
      Jenis kursus: Buku populer.

      Wasalam,

  3. Saya butuh informasi kursus menulis untuk anak2 yang tersedia di area pesanggrahan bintaro dsk. Apakah ada? Terima kasih sebelumnya.

    • Terima kasih pertanyaannya. Kelas menulis anak agak susah diselenggarakan, karena menyangkut banyak sekali kendala. Kami dulu pernah mengadakan kelasnya. Mungkin nanti akan kami selenggarakan lagi. Tapi lokasinya di kawasan Cibubur…

  4. Yth Pak Dodi, apa ada kelas menulis artikel ilmiah khususnya di Bandung? Kalau tidak ada, apakah Bapak punya solusinya? terima kasih. Nukie

    • Untuk level SD atau anak-anak, SMKI menyelenggarakan short course pada saat liburan. Untuk liburan Natal Tahun Baru ini, kami adakan Kemah Anak Menulis selama 3 hari, 26-28 Desember. Untuk kelas reguler belum ada, karena kami masih kesulitan menemukan metode dan sistem yang tepat untuk anak-anak, terutama terkait waktu.

  5. Saya berkenan mengikuti Sekolah Menulis Kre@tif di Indonesia rencananya akan dimulai tahun depan bulan Januari 2015. Apakah Januari 2015 ini akan ada kelas yang akan dibuka lagi dan mohon bantuannya untuk dikasih Alamat tempat belajar dan nomor kontak yang bisa dihubungi, jika tidak mengganggu.

    • Salam
      Saat ini SMKI tengah menggelar sebuah program “Penulis Pro dan writerpreneur”
      dimana program tersebut untuk pendaftarannya sendiri telah dibuka untuk angkatan III (kelas dimulai januari 2015)
      untuk info lebih lengkap dapat menghubungi admin di 021-94800033 dengan sdr Denny S

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s