Indonesia Digital Book Fair 2013 di Sekolah Alam Cikeas

Tidak mau kalah dengan hingar bingar pameran buku di Senayan atau JCC, Sekolah Alam Cikeas (SAC) menggelar pameran buku dengan tajuk “Indonesia Digital Book Fair 2013”, pada tanggal 15-17 Maret 2013. Pameran ini sangat istimewa karena menggabungkan 3 hal sekaligus, yaitu buku, teknologi digital dan kearifan alam. Dalam sejarah pameran buku di Indonesia dan dunia, inilah kali pertama penyelenggaraan pameran buku digital dalam balutan alam Indonesia.

Penerbit dan toko buku besar seperti Gramedia, Mizan, Agro Media, Penebar Swadaya, Ufuk Publishing dan Pustaka Lebah ikut berpartisipasi dalam pameran ini. Acara juga dimeriahkan oleh sejumlah workshop, seminar dan talkshow berbagai bidang seperti menulis blog, membuat komik dan buku digital.

Dalam pameran ini, SAC akan meluncurkan program pendidikan berbasis alam yang dikemas menggunakan teknologi digital. Bekerja sama dengan PT. Telkom, SAC juga akan meluncurkan sebuah program khusus menghidupkan taman kota dengan konten pendidikan alam yang terhubung ke dunia luar melalui teknologi wifi. Program ini dinamakan Indi Park.

Puncak acara Indonesia Digital Book Fair akan diisi dengan pemecahan Rekor MURI berupa “Penulisan Buku Karangan dengan Jumlah Penulis Terbanyak.” 150 siswa SAC akan menulis secara bersama-sama di lapangan terbuka, selama 2 jam. Hasil tulisan tersebut akan dicetak saat itu juga sehingga menjadi sebuah buku yang layak dibaca, baik dalam bentuk e-book (buku elektronik) maupun buku biasa. Proses menulis sampai jadi buku ditargetkan berlangsung selama 6 jam dan menjadi yang tercepat di dunia.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda & Olahraga Roy Suryo serta ditutup oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan M. Nuh. Target pengunjung sekitar 1000 orang per hari.

 

??????

One thought on “Indonesia Digital Book Fair 2013 di Sekolah Alam Cikeas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s