Seribu Guru Menulis Buku #01 SDN 13 Mekarjaya Depok

“Kapan ibu akan menulis buku?” tanya mentor Dodi Mawardi.

“Hmmm…” sang ibu guru berpikir sejenak sambil tersenyum.

“Setelah tahu ilmu pak…” jawabnya kemudian.

Demikianlah sekelumit pembukaan “Seribu Guru Menulis Buku” program pelatihan Yayasan Bhakti Suratto (YBS)  dan Sekolah Menulis Kreatif Indonesia (SMKI) yang berlangsung di SDN 13 Mekarjaya Sukmajaya Depok, pada 27 Februari 2016. Kepala SD tersebut Supardi, sangat antusias mengajak para gurunya untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut. Jumlah guru dan staf seluruhnya adalah 17 orang, sedangkan yang ikut serta sebanyak 12 orang.

 

Supardi menjelaskan bahwa pengetahuan dan keahlian menulis sangat dibutuhkan para guru, terutama untuk meningkatkan kinerja dan menunjang kenaikan pangkat. Namun, nyaris tidak ada pelatihan khusus menulis yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Kehadiran program Seribu Guru Menulis Buku menjadi seperti keran air yang menyegarkan bagi para guru.

20160227_093956_resized

Para guru melahap seluruh materi pelatihan selama 3 x 90 menit, sejak pukul 09 pagi hingga pukul 14.30. Mereka tampak semangat mengikuti semua arahan mentor Dodi Mawardi, yang sudah berpengalaman menulis lebih dari 50 judul buku. Selain membongkar mental blok, para guru juga diajak untuk menemukan ide tulisan, merancang kerangka tulisan dan menulis sebuah artikel.

 

SDN 13 Mekarjaya Sukmajaya Depok menjadi sekolah pertama yang menangkap peluang program pelatihan gratis “Seribu Guru Menulis Buku”, yang akan disusul oleh sekolah-sekolah lainnya di kawasan kota Bogor, kabupaten Bogor, Depok dan Bekasi.  Bagi Anda para guru, silakan undang kami ke sekolah Anda dan dapatkan pengalaman pelatihan yang menyenangkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menulis Anda (SMS ke 081285874272, ketik 1000 Guru spasi Nama Sekolah).

Di akhir sesi pelatihan, para guru sudah menemukan sejumlah ide menulis buku, dan mereka berjanji untuk merealisasikan buku tersebut. Semoga!

Seribu Guru Menulis Buku, semoga memacu Sejuta Siswa Merangkai Kata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s